Selasa, 12 April 2016

Bekal, Hemat, Sehat, dan Nikmat

Hulaaa akhirnya balik lagi. Sudah dua hari teler banget saya. Tidur jam 2 pagi dan bangun jam set 6. Jangan tanyakan kenapa........tugas saya menumpuk luar biasa :''' ya semoga badan saya tetep sehat kuat walafiat sampek minggu depan. Mengingat UTS yang sudah didepan mata membuat hati ini menjadi berbunga-bunga. 

Sebelum UTS kudu banyak hal yang dipersiapin. Apa aja? Yang utama jelas tentu belajar dong. Tapi nggak cuma itu peeps, kondisi fisik juga perlu dijaga untuk menyambut UTS. Jangan hanya terkungkung untuk belajar aja, tapi juga move your body. Start doin exercise! Kalo saya sih olahraganya di atas kasur gitu...kan seru ehe. Selain berolahraga, agar kondisi fisik tetap fit adalah dengan pola makan teratur dan makan-makanan yang bergizi.

Naaah... sejak 2013 lalu, setiap tanggal 12 April dirayakan sebagai hari bawa bekal nasional. Adanya hari bawa bekal nasional digagaskan oleh salah satu brand perabotan rumah ternama yaitu, Tupperware. Sebenarnya apa sih bekal itu? Menurut kamus besar Bahasa Indonesia
Bekal /be·kal /n sesuatu yang disediakan (seperti makanan, uang) untuk digunakan dalam perjalanan: mereka membawa -- dalam perjalanan
Basically bekal sekarang nggak cuma dibawa saat perjalanan aja. Saat pergi ke sekolah, kuliah, bahkan ngantor sekalipun kadang kita juga masih bawa bekal. Saya secara personal adalah penggemar bekal nomer satu. Sejak kecil saya memang sudah terbiasa untuk makan masakan Ibu. Hingga akhirnya saat kelas 4 SD mulai pulang siang hari, saya dibawakan bekal. Kalo saya alasan bawa bekal sih simpel, karena saya nggak bisa kalo nggak makan buatan Ibu hehehe. Kedengarannya lebay sih emang. Tapi bener deh dulu waktu smp ada sebuah event drumband, ketika saya dapet nasi krawu saya cuma duduk bingung. Pertama saya nggak tau makanan apa itu, dan kedua...saya nggak mau makan karena bukan masakan ibu. Saya memang jarang jajan diluar dan sudah jatuh cinta banget sama masakan Ibu. Jadi...susah untuk makan makanan yang bukan dimasakin sama Ibu, apalagi kalo beli makannya di sembarang tempat. That's no no. 

Sampai saya kuliah ini pun saya masih membawa bekal dari rumah. Kebetulan bekal saya hari ini adalah nasi, sama telur dadar, tahu, dan tempe bacem. Saya udah jatuh cinta banget sama yang namannya bekal. Mungkin juga karena udah terbiasa. Tapi karena kesibukan Ibu yang mondar-mandir Surabaya-Jakarta, kadang yang masakin bekal saya adalah Eyang. Entah apapun makanannya, menurut saya kalo itu dibuat bekal dari rumah....rasanya enakkkk. Meskipun kadang kalau sedang terburu waktu, cuma dibawain bekal yang simpel-simpel aja, tapi rasanya lebih nikmat daripada beli. Nggak cuma nikmat di perut, tapi juga nikmat di kantong.

Banyak orang yang males karena nggak punya waktu untuk buat bekal. Atau malah kadang ada yang malu karena udah besar kok masih bawa bekal. Dan nggak sedikit juga orang yang nggak mau bawa bekal karena gak mau ribet, langsung beli aja lebih praktis. Tapi perlu kalian tahu peeps, ada banyak benefit loh dari kita bawa bekal sendiri dari rumah. Apa ajasih? Menurut saya benefit bawa bekal itu.....

Pertama, bawa bekal jelas lebih hemat luar biasa. Untuk saya yang nggak ngekos mungkin nggak begitu kentara, tapi kalo temen-temen yang ngekos....kerasa banget bedanya kalo beli makan atau masak sendiri. Meskipun gitu saya juga ngerasain kok gimana uang di dompet terbang lenyap seketika kalo udah yang namanya beli makan. Sekali makan yang biasa-biasa aja bisa habis total 12rb sama minum. Iya kalo 12rb, lah kalo lebih mahal? Misal saya lagi pengen makan di resto or cafe, itu cuma makan siang saya aja lo. Gimana kalo saya anak kos? Kebutuhan makan saya 3x sehari dalam sebulan bisa ngehabisin budget sekitar sejuta atau lebih. Which is kalo misal saya anak kos dan saya masak sendiri....paling nggak saya bisa modal 30rb untuk 3x makan... Udah bisa untuk masak sayur dan lauknya. Yaaa minimal lebih hemat 6rb lah tiap harinya. Kan lumayan...kalo tiap hari bisa nyisihin uang Rp 6rb.

Kedua, karena bekal itu kita atau Ibu yang masakin, sudah pasti terjamin sehat. Karena apa? Karena kan bahan-bahan yang digunakan untuk bekal dibeli sendiri. Kita tau sayuran yang dibeli itu masih bagus, masih segar, daging ayam, sapi, ikan dan jajaran lauk-pauk lainnya itu masih baru, bukan barang busuk. Ngeri gak sih kadang kalo liat di TV, liputan tentang gimana sebuah warung bisa kasih harga murah sama makanannya. Eeeh ternyata bahan yang dipakai buat masak amburadul semua. Yang ternyata sayurnya udah nggak segar lah, pake daging sisa atau bahkan bahan-bahan yang sesungguhnya sudah nggak layak untuk di konsumsi. Belum lagi dengan 'kecanggihan'nya, mereka bisa menyulap bahan yang tidak layak pakai itu untuk bisa digunakan dengan bantuan bahan-bahan kimia. Waaah....kan kasian tubuh kita kalo kemasukan bahan kimia yang nggak seharusnya. Maunya sih murah dan praktis....tapi kalo ujung-ujungnya bikin badan sakit...yah, that's no no. 

Ketiga, bekal itu lebih NIKMAT! Entah bekal yang dibawa itu hasil masakan sendiri atau orang lain, bekal dari rumah itu tetep juara. Kalo bekal kita yang masak sendiri.........mau enak atauapun nggak enak, rasanya tetep enak aja. Ya kan? Semacam ada rasa kepuasan di hati karena udah berhasil masak untuk dirinya sendiri. Even itu masakan yang gampang. You will appreciate your cook! Saat masak dengan kondisi seneng.......makanan yang kita masak pasti bakal terasa enaaak. Apalagi.....kalo yang masakin orang lain, Ibu misalnya. Kita tentu ngehargain atas usaha mereka yang udah masakin bekal untuk kita. Nyempatin waktu di pagi hari untuk masak cuma demi kita. Nggak gampang lo itu peeps. Ada bumbu spesial yang mereka gunakan sehingga bekal yang biasa aja bisa terasa enak luar biasa buat kita. Dan bumbu spesial itu adalah............cinta. Seriusan ini nggak bohong. Ketika kamu melalukan sesuatu hal dengan penuh cinta, maka hasilnya juga bisa memuaskan. Ketika kamu masak dengan penuh cinta, ada harapan dan doa untuk orang yang kita sayang. That's why bekal yang dimasakin Ibu tuh nikmat parah. 

Semoga........masyarakat Indonesia semakin sadar dengan membawa bekal dari rumah. Walaupun memang harus mau menyediakan waktu untuk masak, tapi kalo untuk kebaikan sendiri masa nggak mau? Apalah arti murah dan praktis kalo justru kesehatan kita yang jadi taruhannya. Percuma saja murah kalo malah bikin kita sakit, pengeluaran yang dibutuhkan bahkan akan lebih besar. Makanya, yuk kita bawa bekal sendiri. Dengan bawa bekal kita bisa menghemat pengeluaran, selain itu masakannya sudah pasti terjamin sehat dan higienis. Bekal juga pasti terasa lebih nikmat. Baik nikmat di perut ataupun di kantong. Karena ada bumbu spesial bernama cinta didalamnya! Selamat hari membawa bekal peeps!

bukan bekal hari ini (edited by vscocam)


Okaaay...met malam peeps saya harus bobok karena besok kuliah pagi hu ha. See you on next post! Mwah. Selamat tidur, good night, gute nacht, oyasuminasai, jaljayo! ^^ :3